Rabu, 28 Desember 2011

Mitos-mitos yunani




Centaur adalah mahluk setengah kuda setengah manusia, dari perut ke atas ia berbentuk manusia namun sisanya adalah tubuh kuda, biasanya mereka bersikap bengis, dan itu mengapa mereka dikategorikan binatang buas, semua Centaur adalah lelaki. Namun pada kisah klasik lainnya, dalam kesenian, Macedonia mulai menggambarkan centaur betina.
Dalam mitos Yunani, Centaur adalah ras dari mahluk gabungan antara kuda dan manusia, gabungan ini membuat para penulis memperlakukan mereka sebagai mahluk bercabang. Yang mengerti dua alam, satu tubuh menggambarkan mitos, dan satu lagi menggambarkan ketidakberdayaan alam.
Centaur diceritakan lahir dari Ixion dan Nephele, awan yang dibuat oleh Hera, versi lain mengatakan, masa kecil dari centaur tentulah berasal dari induk betinanya.
Centaur hidup di wilayah Magnesia dan pegunungan Pelion di Thesally, pegunungan Pholoe di Arcadia, serta semenanjung Malean di Laconia bagian selatan.
Centaur dikenal dalam pertempurannya melawan Lapithae, karena mencoba untuk membawa lari Hippodamia dan sebagian wanita dari Lapith, pada hari pernikahannya dengan raja Pirithous, raja dari Lapithae, yang juga merupakan anak dari Ixion. Centaur juga banyak diceritakan dalam pertempurannya melawan Herakles, pahlawan dalam mitos Yunani.
Centaur juga dikenal dalam banyak mitos Yunani sebagai mahluk yang liar. Nama Centaurus yang dalam bahasa yunani Kentauros, bisa diartikan sebagai ‘serbuan sapi jantan’ atau ‘sapi jantan pembunuh’. Centaur gemar meminum anggur, berisik, liar dan cepat marah, dan seringkali berperang melawan manusia.

Berikut adalah kisah-kisah dari beberapa Centaur yang terkenal antara lain:

Cheiron ‘the great teacher’ - guru besar, ia penuh kasih sayang dan juga lebih beradab dibanding manusia, dan mengajar banyak pahlawan besar, termasuk Herakles, yang secara tidak sengaja membunuhnya, setelah kematiannya ia terbang ke langit dan menjadi susunan bintang ‘Sagitarius’.

Nessus, ia menipu Herakles agar dibiarkan membawa Deianaria untuk menyeberangi sungai dan berencana membawa lari sebelum Herakles mampu melewati sungai itu. namun Herakles menemukannya dan memanahnya hingga tewas, sebelum meninggal ia sempat berpesan kepada Deianaira agar menerima mantelnya, bahwa darah yang menempel di mantel itu akan membuat siapapun yang menggunakannya akan mencintai dia untuk selamanya, Deianaira mempercayainya. Ia memakaikan mantel itu kepada Herakles, agar mau mencintai dan mengampuni Nessus, namun bukannya ia merasakan cinta kepada Nessus, kulitnya terbakar seketika, satu-satunya cara menghilangkan penderitaan itu adalah dengan bunuh diri. Deianaira mengurung dirinya sendiri ketika ia tersadar akan perbuatannya.

Pholus, yang ketika sedang memburu babi hutan, didatangi oleh Herakles kerumahnya dan ia bermaksud makan malam disana, semuanya baik-baik saja dan menyenangkan sampai ketika Pholus ragu untuk memberikan bir Centaur yang biasa dihidangkan untuk para pahlawan besar. Herakles memaksa dan akhirnya Pholus menyediakannya bir itu, Centaur lain mencium bau bir itu, dan meminta bir itu darinya, Herakles membunuh atau menyingkirkan siapapun yang menyerangnya, Pholus tewas dalam pertempuran, menginjak panah beracun Herakles di tanah dengan kakinya.

Eurytion, ia mencoba membunuh anak perempuan raja Dexamenos, namun Herakles menyelamatkannya dan membunuh Eurytion.

Elatos, Centaur yang dilindungi oleh Cheiron ketika Herakles hendak memanahnya.

Abas, pemburu yang handal.
 
 
 
Harpy, di mitologi Yunani diceritakan bahwa harpy adalah hewan bersayap yang memiliki tubuh seperti burung elang dan memiliki kepala wanita.Legenda menceritakan bahwa harpy suka mencuri tubuh orang mati, menyebarkan bau busuk dan meracuni makanan di desa2 yang dilewatinya.














Griffin
Griffin adalah hewan legenda yang memiliki sayap seekor elang dan kaki seekor singa.Disebut sebagai burung terbesar dan menjadi hewan yang sangat sakral untuk dewa Apollo dan griffin juga merupakan hewan penjaga matahari. Makhluk ini terlihat pada saat peradaban Minoan (2700-1450 SM)











DraculaDracula adalah tokoh yang dipopulerkan oleh Bram Stoker.Dracula adalah vampir yang suka menggoda dan menghisap darah gadis muda yang menarik.Count Dracula lahir di abad ke 15-an di Rumania.Kastil Dracula terletak di Bucharest utara di pegunungan Carpathian


Scylla
Scylla menurut legenda Yunani, adalah seekor makhluk yang memiliki 6 kepala dan 12 kaki.Scylla dipercaya bahwa tadinya dia adalah seorang penyihir air yang kemudian dirubah menjadi monster oleh Circe.Setelah diubah menjadi monster, dia menghabiskan hidupnya untuk membalas dendam kepada pelaut yang lewat di laut.











Unicorn
Unicorn adalah seekor kuda putih yang memiliki tanduk dikepalanya. Unicorn sangat maskulin tetapi juga sangat feminim. Unicorn juga menjadi simbol kesucian dan hubungan spiritual. Unicorn memiliki tubuh yang besar, lebih besar dari ukuran kuda biasa. Unicorn adalah satu-satunya makhluk legenda yang tidak menakuti manusia, dan biasanya digambarkan sebagai makhluk yang halus. Diceritakan sangat tidak mungkin untuk menangkap unicorn. Tanduknya dikatakan dapat menetralkan racun. Unicorn pertama kali diketahui ketika masa peradaban lembah Indus (3300-1700SM)





Phoenix
Phoenix adalah burung legenda yang mirip seekor elang tapi memiliki warna merah menyala seperti api yang terbang diangkasa. Phoenix disebut berasal dari matahari. Phoenix adalah burung api mitologi dari Mesir kuno dimana digambarkan sebagai burung yang mati oleh api dan dilahirkan kembali dari api. Biasanya digambarkan mempunyai bulu emas dan merah. Pada akhir kehidupannya, Phoenix diceritakan membangun sarang dari ranting kayu manis dimana kemudian terbakar. Burung musnah oleh api tapi kemudian Phoenix baru yang masih muda muncul dari api yang sama. Diyakini masa hidup Phoenix adalah 500-1461 tahun. Airmata Phoenix diyakini bisa menyembuhkan luka.








Pegasus
Pegasus adalah seekor kuda yang memiliki sayap putih lebar.Dalam mitologi yunani disebutkan bahwa pegasus lahir dari darah medusa saat Perseus memenggal kepalanya. Disebutkan juga bahwa Pegasus ditunggangi oleh Bellerophon untuk melawan Chimera. Pegasus adalah kuda yang mempunyai sayap dan penerbang yang unggul. Pegasus adalah hasil dari hubungan Medusa dan Poseidon yang menyakitkan. Lahir dari Medusa ketika kepalanya dipotong oleh Perseus. Dijinakkan ole Bellerophon dan melayaninya digunungnya selama petualangannya termasuk ketika Bellerophon membunuh Chimaera. Ketika Bellerophon ingin menerbangkan Pegasus ke gunung Olympus, dia dihempaskan oleh Zeus. Tetapi Pegasus tetap terbang dan berhasil tiba di gunung Olympus. Disinilah Pegasus menghabiskan hari-harinya dengan membawakan petir untuk Zeus.


Cerberus

Berdasarkan mitos Yunani, Cerberus adalah anjing raksasa berkepala 3 yang menjaga pintu masuk ke Hades.Cerberus adalah anak dari Typhon dan Echidna.Dalam legenda Yunani disebutkan bahwa Orpheus, Aeneas dan Odysseus mampu melewati Cerberus dan masuk ke dunia bawah atau Hades.






Sumber: http://jelajahunik.blogspot.com/2010/04/mitos-makhluk-aneh-di-dunia.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar